//

MOTIVASI PETANI DALAM UPAYA PEMANFAATAN LAHAN TIDUR DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Sakinah - Personal Name
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Motivasi adalah suatu dorongan bagi perilaku seseorang untuk melakukan suatu usaha termasuk usaha dalam pemanfaatan lahan tidur. Lahan tidur merupakan lahan yang tidak diusahakan selama lebih dari dua tahun untuk kegiatan pertanian yang produktif. Motivasi sangat diperlukan oleh seorang petani untuk mengupayakan pemanfaatan lahan tidur yang di pengaruhi oleh faktor ekonomi dan faktor sosial petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi petani dan faktor-faktor yang memotivasi petani dalam upaya pemanfaatan lahan tidur di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi petani dalam upaya pemanfaatan lahan tidur tergolong sedang, artinya petani memiliki keinginan dan harapan yang tinggi akan tetapi petani memiliki keyakinan yang rendah untuk dapat memanfaatkan lahan tidur. Faktor-faktor yang memotivasi petani dalam upaya pemanfaatan lahan tidur yaitu faktor ekonomi yang terdiri dari modal dan pendapatan dan faktor sosial yang terdiri dari persepsi, sikap dan lingkungan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONVERSI LAHAN SAWAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS KECAMATAN DARUL IMARAH DAN PEUKAN BADA) (Ichwal Zais, 2020)

PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI INDRA PURWA TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurismi, 2014)

KAJIAN PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN USAHA BUDIDAYA TAMBAK DI DESA LAMTEUNGOH KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR PASCA TSUNAMI (Natasia Arieawan.SND, 2021)

TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TANI KORBAN TSUNAMI DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN I ACEH BESAR (RAHMAH DARA AYUNDA, 2016)

STUDI KOMPARATIF KEUNTUNGAN BUDIDAYA IKAN LELE JUMBO (MEDIA KOLAM TANAH DAN KOLAM TERPAL)DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR DAN KOTA BANDA ACEH (ZIA ULFA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy