PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK


Pengarang

Muhammad Ridha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200160042

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Muhammad Ridha (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi
Matematis Siswa SMK Melalui Pendekatan Matematika Realistik.
Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis
merupakan dua kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh seorang siswa.
Dengan kemampuan tersebut siswa bisa menalar dan menyelesaikan masalah-
masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menumbuh kembangkan kemampuan
tersebut, maka salah satu pembelajaran yang relevan adalah pembelajaran
matematika realistik. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan kemampuan
berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran
matematika menggunakan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang
memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, serta melihat interaksi
berdasarkan level kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi
kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Postest Control Design. Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMK Negeri 1 Meulaboh
dengan mengambil sampel dua kelas diambil secara acak dari 7 kelas yang tersedia.
Analisis data dilakukan dengan uji-t dan uji ANOVA dua jalur dengan taraf
signifikansi 0,05, baik berdasarkan keseluruhan siswa maupun berdasarkan
kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1)
peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan melalui
pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis
siswa yang diajarkan dengan konvensional, 2) peningkatan kemampuan komunikasi
matematis siswa yang diajarkan melalui pendekatan matematika realistik lebih baik
dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan
konvensional, 3) terdapat interaksi antara pendekatan matematika realistik dengan
level siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, 4) terdapat interaksi
antara pendekatan matematika realistik dengan level siswa terhadap kemampuan
komunikasi matematis.
Kata kunci: Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik, Berpikir Kritis,
Komunikasi matematis.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK