STRATEGI PENGEMBANGAN TERNAK SAPI POTONG BERORIENTASI AGRIBISNIS DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRATEGI PENGEMBANGAN TERNAK SAPI POTONG BERORIENTASI AGRIBISNIS DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Saina Hotmarida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1205102010104

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

636.085

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

STRATEGI PENGEMBANGAN TERNAK SAPI POTONG BERORIENTASI AGRIBISNIS DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH

OLEH
Saina Hotmarida/Agribisnis Universitas Syiah Kuala
ABSTRAK

Sapi potong merupakan salah satu ternak ruminansia yang mempunyai kontribusi terbesar sebagai penghasil daging. Selama ini produksi daging sapi di Indonesia belum mampu memenuhi permintaan dalam negeri yang cenderung meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, pemerintah melakukan impor daging sapi dan bakalan antara lain Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis tenaga kerja, modal, teknologi dan pasar yang mempengaruhi jumlah populasi sapi potong dan menentukan strategi pengembangan usaha ternak sapi potong. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara serempak variabel tenaga kerja, modal, teknologi dan pasar terima Ha tolak H0 dan signifikan terhadap jumlah populasi sapi potong. Secara parsial variabel tenaga kerja, modal, teknologi dan pasar terima Ha tolak H0 dan signifikan terhadap jumlah populasi sapi potong, sedangkan pasar tidak signifikan. Strategi yang perlu diterapkan adalah strategi internal kekuatan dan strategi eksternal peluang yakni memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang ada.


Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Sapi Potong, Agribisnis







THE DEVELOPMENT STRATEGY OF AGRIBUSSINESS-ORIENTED BEEF CATTLE IN SUB DISTRICT OF KUTA BARO ACEH BESAR

SUBMITTED BY
Saina Hotmarida/Agribussiness Department of Syiah Kuala

ABSTRACT

Beef cattle is one ruminants which has the largest contribution as a producer of meat. During the production of beef in Indonesia has not been able to meet growing domestic demand tends to increase every year. Therefore, the government has to import beef and feeder including Australia, New Zealand and the United States. This study aimed to analyze the labor, capital, technology and markets that affect the number of beef cattle population and determine the business development strategies of cattle. The data used in this study are primary data and secondary data. The analytical method used is by using multiple linear regression and SWOT analysis. The results showed that simultaneously variable labor, capital, technology and markets accept Ha reject H0 and significant impact on the number of beef cattle population. In partial labor, capital, technology and markets accept Ha reject H0 and significant impact on the number of beef cattle population, while the market is not significant. The strategy needs to be implemented is the strategy of internal strength and external strategic opportunities that take advantage of opportunities to the forces in the field.


Keywords: Strategy Development, Beef Cattle, Agribusiness






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK