//

PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI MTSN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuwinda Ardila - Personal Name
SubjectMODELING - ARTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ardila, Yuwinda. 2016. Penerapan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di MTsN Model Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Said Nurdin, M.Si (2) Dra. Nurhasanah, M.Pd Kata kunci: Teknik Modeling Simbolik, Keterampilan Sosial Penelitian berjudul “Penerapan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di MTsN Model Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan teknik modeling simbolik dalam meningkatkan keterampilan sosial pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen yang dilaksanakan di MTsN Model Banda Aceh dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik yang diambil dari 34 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Eksperimen dilakukan sebanyak 11 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala angket keterampilan sosial yang terdiri dari 4 skala. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kuantitatif berupa statistik sign-test dengan sampel besar menggunakan rumus Z-score dan analisis kualitatif berupa observasi. Hasil analisis data kuantitatif menunjukan bahwa harga thitung > ttabel yaitu 3.87 > 1.96 pada taraf signifikan 0.05, maka pengujian hipotesis dalam penelitian ini Ha diterima. Hasil analisis data kualitatif menunjukan bahwa adanya perubahan perilaku keterampilan sosial pada siswa secara bertahap serta adanya keberanian pada siswa untuk melawan segala bentuk perilaku keterampilan sosial rendah yang dialami. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik modeling simbolik dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH) (ARIYANA RUSTAM, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 11 BANDA ACEH (QURRATUL AINI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING SELF MODELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN(SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN NIRMALA KOTA BANDA ACEH) (MARWAH ZAKIYATI, 2014)

PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (NURUL AGUSTINA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy