ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH KE PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN TRUMON KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2005-2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH KE PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN TRUMON KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2005-2014


Pengarang

Rifchi Anggari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101020061

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.9

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata Kunci: Perkembangan, social ekonomi, petani kelapa sawit.

Penelitian yang berjudul “Alih Fungsi Lahan Sawah ke Perkebunan Kelapa Sawit”. Penelitian ini mengangkat masalah 1) mengapa masayarakat kecamatan Trumon beralih dari petani sawah kepetani kelapa sawit, 2) bagaimana perkembangan social ekonomi masyarakat petani kelapa sawit di KecamatanTrumon, 3) bagaimana kendala yang dihadapi petani kelapa sawit di Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan tahun 2005-2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat di Kecamatan Trumon melakukan alih fungsi lahan sawah ke perkebunan kelapa sawit, 2) untuk menganalisa perkembangan sosial ekonomi petani kelapa sawit di kecamatan Trumon dan, 3) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi petani kelapa sawit di Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Historis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada banyak faktor masyarakat melakukan alih fungsi lahan sawah di Kecamatan Trumon diantaranya resiko dalam bertani sawah lebih tinggi, kualitas lahan dan faktor ekonomi. Dalam perkembangan sosial ekonomi terlihat bahwa petani di Kecamatan Trumon sesudah melakukan alih fungsi lahan taraf hidup sudah lebih baik. Kendala yang dihadapi petani kelapa sawit di Kecamatan Trumon adalah kurangnya pupuk bersubsidi dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang cara penanaman dan perawatan tanaman kelapa sawit.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK