//

PERUBAHAN POTENTIAL OF HYDROGEN (PH) SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR AIR REBUSAN JAHE MERAH (Z. OFFICINALE VAR RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RANI NURZAINI HARAHAP - Personal Name
SubjectORAL HYGIENE-DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Rani Nurzaini Harahap Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Perubahan Potential of Hydrogen (pH) Saliva Sebelum dan Sesudah Berkumur Air Rebusan Jahe Merah (Z. officinale var rubrum) Pada Mahasiswa FKG Unsyiah Angkatan 2016 Potential of Hydrogen (pH) adalah ukuran konsentrasi ion hidrogen dari larutan yang menunjukkan apakah larutan bersifat asam, basa, atau netral. Faktor yang mempengaruhi pH saliva diketahui adalah stimulus kimiawi dan stimulus mekanik. Salah satu bahan herbal yang diketahui dapat meningkatkan pH saliva adalah jahe merah. Jahe merah (Z. officinale var rubrum) dalam bentuk air rebusan merupakan salah satu contoh minuman herbal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perubahan pH saliva mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala angkatan 2016 sebelum dan sesudah berkumur air rebusan jahe merah (Z. officinale var rubrum). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala angkatan 2016. Subjek yang termasuk dalam kriteria inklusi sebesar 37 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental laboratorium dengan desain analytic experimental pre-test and post-test. Analisis data untuk penelitian ini adalah dengan uji statistik T-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa air rebusan jahe merah (Z. officinale var rubrum) dapat meningkatkan pH saliva p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN POTENTIAL OF HYDROGEN (PH) SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR AIR REBUSAN JAHE MERAH (Z. OFFICINALE VAR RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016 (RANI NURZAINI HARAHAP, 2017)

PENGARUH BERKUMUR REBUSAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) TERHADAP VISKOSITAS SALIVA PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2015 (Cut Putri Armalia, 2019)

PERBEDAAN KADAR ION KALSIUM DALAM SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH MENGKONSUMSI BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) (KAJIAN PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2017) (Ayu Anisah Reghina, 2019)

PERBEDAAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR DENGAN OBAT KUMUR BERALKOHOL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2011-2013 (shiami ramadhana, 2014)

PERUBAHAN PH SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH MENGKONSUMSI BUAH PISANG AYAM (MUSA ACUMINATA COLLA) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2014 (NURA SHARA AMIRZA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy