//

NOTICING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH PADA MATERI OPERASI ALJABAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desy - Personal Name
SubjectMATHEMATICS - EDUCATION
ALGEBRAIC OPERATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Aljabar merupakan salah satu materi penting yang dipelajari di sekolah menengah pertama. Namun, kemampuan siswa untuk materi aljabar masih rendah. Siswa sering melakukan kesalahan dan mengalami miskonsepsi untuk materi aljabar. Rendahnya kemampuan siswa ikut dipengaruhi guru karena guru memegang peran penting untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Guru dituntut untuk memiliki komitmen dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. Hal tersebut hanya dapat dilakukan jika guru memerhatikan dan mendengarkan ide serta penjelasan siswa. Dengan demikian, guru perlu memiliki kemampuan noticing. Noticing merupakan kemampuan yang terdiri dari tiga keterampilan, yaitu memahami rincian penting dari jawaban siswa (attending), menginterpretasi pemahaman siswa (interpreting), dan memberikan bantuan yang sesuai dengan pemahaman siswa (how to respond). Kemampuan ini dinilai sebagai kemampuan penting yang harus dimiliki oleh guru, khususnya guru matematika. Kemampuan ini juga harus dimiliki oleh mahasiswa pendidikan matematika sebagai pendidik di masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan noticing mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah pada materi operasi aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah. Data dalam penelitian ini berupa kemampuan mahasiswa untuk memahami rincian penting dari jawaban siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi operasi aljabar, menginterpretasikan pemahaman siswa secara spesifik, dan memberikan bantuan yang disesuaikan dengan pemahaman siswa. Data tersebut diperoleh dari hasil analisis yang diberikan subjek penelitian terhadap jawaban siswa dan hasil wawancara yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh subjek memiliki kemampuan yang bervariasi untuk ketiga aspek noticing. Secara keseluruhan, hanya satu subjek yang memiliki kemampuan yang baik untuk ketiga aspek noticing, sedangkan enam subjek lainnya memiliki kemampuan yang kurang baik. Implikasi dari penelitian ini adalah kemampuan noticing mahasiswa calon guru perlu dilatih dan kemampuan ini harus menjadi bagian dari kurikulum untuk mahasiswa. Kata kunci: Noticing, Aljabar, Mahasiswa Calon Guru, Miskonsepsi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH MENGALAMI KESULITAN DALAM MEMAHAMI MATERI PERKULIAHAN MATEMATIKA FISIKA 1 (BUSTAMI, 2019)

PERBANDINGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN PROGRAM STUDIPKK FKIP UNSYIAH (LISNAWATI, 2016)

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALJABAR (Fauza Usni, 2016)

HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN NILAI PRAKTIK MICROTEACHING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH (ALFISYAHRIN, 2018)

HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSYIAH (Cut Nika Nurul Fadhilah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy