//

NOTICING (PERHATIAN) GURU PADA PEMBELAJARAN DESIMAL MELALUI VIDEO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INTAN SARI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Profesionalitas menuntut guru memiliki kemampuan mengindentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran, menginterpretasinya, dan membuat koneksinya dengan prinsip pembelajaran umum. Kemampuan tersebut dikenal dengan istilah noticing. Kemampuan ini berguna untuk menangani situasi kelas yang terjadi secara bersamaan, mengakomodir kebutuhan siswa, dan melibatkan siswa selama pembelajaran. Namun kenyataannya kemampuan noticing guru belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru 1) mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri, 2) menginterpretasinya, dan 3) membuat koneksinya dengan karakteristik matematika realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan seorang guru mitra dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai subjek. Data penelitian ini berupa kemampuan guru mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam video pembelajaran, menginterpretasinya, dan membuat koneksinya dengan karakteristik matematika realistik. Data tersebut dikumpulkan melalui angket terbuka dan wawancara semi terstruktur yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan subjek mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri bervariasi. Pada video pertemuan ke-1 dan 2, subjek lebih mengidentifikasi situasi/kejadian yang berkaitan dengan guru daripada siswa, sedangkan pada pertemuan ke-3 subjek lebih mengidentifikasi situasi/kejadian yang berkaitan dengan siswa daripada guru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa subjek menginterpretasi secara mendalam situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri. Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kemampuan subjek membuat koneksi antara situasi/kejadian penting dengan karakteristik matematika realistik bervariasi. Pada video pertemuan ke-1 dan 2, subjek membuat koneksi antara situasi/kejadian penting dengan dua karakteristik matematika realistik yaitu masalah kontekstual yang diajukan di awal pembelajaran dan interaksi, sedangkan pada pertemuan ke-3 subjek membuat koneksi dengan dua karakteristik matematika realistik yaitu masalah kontekstual yang diajukan di awal pembelajaran, strategi/kontribusi, dan intertwin. Implikasi penelitian ini yaitu perlunya pada setiap pelatihan guru memberikan perhatian khusus terhadap aspek noticing sehingga menumbuhkan pemahaman guru tentang pentingnya noticing. Kata kunci: Noticing, guru, bilangan desimal, video pembelajaran

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF VIDEO IN TEACHING LISTENING (Addina, 2014)

THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)

AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

THE USE OF VIDEO TO TEACH SPEAKING ABILITY IN ACCURACY(AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT MAN DARUSSALAM ACEH BESAR) (Maryam, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy