//

ADSORPSI ION LOGAM CU²⁺ MENGGUNAKAN NANO ZEOLIT ALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulianis - Personal Name
SubjectADSORPTION - CHEMICAL ENGINEERING
ZEOLITE
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Magister Teknik Kimia Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ADSORPSI ION LOGAM Cu²⁺ MENGGUNAKAN NANO ZEOLIT ALAM Nama mahasiswa : Yulianis NIM : 1409200090007 Pembimbing : Dr. Mahidin, ST, MT Co-Pembimbing : Dr. Syaifullah Muhammad, ST, M.Eng ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan zeolit alam yang berasal dari Blang Pidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Propinsi Aceh, Indonesia yang diaplikasikan sebagai adsorben untuk menyerap ion logam berat tembaga (Cu²⁺) dalam larutan. Dalam penelitian ini dilakukan peningkatan performance zeolit alam dengan melakukan pengecilan ukuran sampai nano partikel, selanjutnya diaktivasi secara fisika dan kimia dengan menggunakan HCl 0,05 M serta penyeragaman kation dengan NaCl 1 M, kemudian di kalsinasi pada temperatur 350 oC selama 2 jam. Hasil karakterisasi dengan XRD, XRF, FTIR, SEM dan BET menunjukkan bahwa zeolit setelah aktivasi memiliki kualitas yang lebih baik dari pada zeolit alam yang belum diaktivasi. Uji adsorpsi ion logam Cu²⁺ terhadap nano zeolit alam dilakukan dengan metode batch untuk menentukan pengaruh waktu kontak, berat adsorben, pH, konsentrasi awal. Dari hasil penelitian menunjukkan adsorpsi maksimum yaitu pada konsentrasi awal sebesar 38,998 ppm, berat adsorben 1 gram, pH 6 selama waktu kontak 120 menit dengan persen logam Cu²⁺ yang teradsorp sebesar 99,86 % dan kapasitas adsorpsi sebesar 7,789 mg/g. Isothermal adsorpsi mengikuti isoterm Freundlich dengan nilai R² 0,9685, konstanta Freundlich (Kf) sebesar 111, 99 mg/g dan nilai (n) yang menunjukkan intensitas proses adsorpsi adalah sebesar 0,986. Studi kinetika menunjukkan bahwa adsorpsi ion logam Cu²⁺ mengikuti model kinetika orde dua semu dengan nilai regresi linier 0,9997 dan nilai konstanta 0,121 g mg -1min-1. Kata kunci : zeolit alam, nano partikel, adsorpsi, tembaga (Cu²⁺), isothermal, kinetika x

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ADSORPSI ION LOGAM CU²⁺ MENGGUNAKAN NANO ZEOLIT ALAM (Yulianis, 2017)

PENURUNAN KADAR LOGAM BESI AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI DENGAN ZEOLIT ALAM BANDA ACEH DAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Hasni, 2015)

ISOLASI NANO MONTMORILLONIT DARI BENTONIT BENER MERIAH SEBAGAI ADSORBEN ZAT WARNA REMAZOL BRILLIANT BLUE (DETA RAHMADANTI, 2018)

ADSORPSI ION LOGAM MN(II) DAN NETRALISASI PH DARI AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI FISIKA (Suci Riski Tami, 2018)

PH AIR ASAM TAMBANG DAN ADSORPSI ION CU DENGAN MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI FISIKA (Dara Hadista, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy