//

PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM PENDETEKSI POSISI KORBAN BENCANA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syadza Sausan - Personal Name
SubjectLED
ELETRONICS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Bencana merupakan suatu peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat dihindari, seperti halnya gempa bumi yang dapat menyebabkan runtuhnya bangunan dan jatuhnya korban jiwa manusia. Proses evakuasi korban yang masih hidup karena runtuhnya bangunan pasca bencana harus segera dilakukan untuk mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan, tim SAR (search and rescue) akan membantu untuk menyelamatkan korban. Namun informasi tentang posisi korban belum dapat diketahui dengan baik dan lingkungan disekitar lokasi bencana masih sangat berbahaya untuk ditinjau, sehingga beresiko jika tim SAR langsung turun ke lokasi tersebut. Penelitian ini menghasilkan rancangan prototipe sistem pendeteksi posisi korban bencana yang mampu menberikan informasi posisi korban pada lokasi bencana dengan waktu singkat. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu robot sebagai platform dikontrol untuk berhenti pada suatu titik dan user mengaktifkan sistem untuk melakukan proses pendeteksian posisi korban bencana. Prototipe sistem ini menggunakan sensor PIR untuk mendeteksi ada atau tidaknya korban, sensor ultrasonik untuk mengukur jarak korban dengan prototipe dan sensor kompas sebagai penunjuk arah korban. Data informasi yang diperoleh dari sensor dikirim dan ditampilkan pada PC user secara nirkabel. Sistem ini mampu mendeteksi korban dengan jarak maksimum 390 cm dengan kondisi posisi tubuh korban tidak terhalang seluruhnya oleh benda yang jatuh akibat bencana. Persentase keberhasilan penunjukan posisi korban yaitu 94.37% dengan perbedaan sudut 12.59° dan persentase keberhasilan pengukuran jarak korban dengan sistem 66.58% pada pengujian skala Laboraturium. Kata kuci: Bencana, posisi korban, sensor PIR, sensor ultrasonik, mikrokontroler ATmega328.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN SISTEM IRIGASI CURAH (SPRINKLER) PADA TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM CEPA L.) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328 (Ruwaida, 2021)

DESAIN DAN PEMBUATAN KONTROL OTOMATIS BEBAN LISTRIK RUMAH TANGGA BERBASIS MIKROKONTROLER (Rahmiati, 2015)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGENDALI ASAP ROKOK DAN TAMPILAN SUHU RUANGAN TERTUTUP (SMOKING ROOM) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16 (R.A. Decky Armanda, 2014)

PROTOTIPE SISTEM MONITORING DAN PERINGATAN DINI KONDISI TUBUH MANUSIA BERDASARKAN SUHU DAN DENYUT NADI BERBASIS MIKROKONTROLER 328P (Achmi Yuliani, 2018)

PERANCANGAN PURWARUPA SISTEM INFORMASI ONLINE PENDISTRIBUSIAN DAN PERSEDIAAN LOGISTIK PADA SAAT TANGGAP DARURAT BENCANA DI BPBD PIDIE JAYA (ZULFADLI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy