PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Sufriadi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0109200050029

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Prog. magister Administrasi Pendidikan Unsyiah., 2010

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR
DI KECAMATAN SYIAH KUALA, KOTA BANDA ACEH

Oleh: Sufriadi
Nim: 0109200050029

Pembimbing: 1. Dr. H. Djailani AR, M.Pd.
2. Prof. Dr. H. Jamaluddin Idris, M.Ed.

Abstrak

Guru merupakan salah satu faktor yang paling berperan dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, profesionalisme guru perlu senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, agar kualitas pembelajaran dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan profesionalisme guru pada sekolah-sekolah dasar yang ada di Kota Banda Aceh. Untuk memperoleh jawaban permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Responden dipilih secara purporsive sample pada tiga sekolah dasar di Kota Banda Aceh, yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16, Sekolah Dasar (SDN) 69, dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 46. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme guru pada masing-masing sekolah tersebut telah menunjukkan pengembangan yang baik, baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran, semua guru telah mempersiapkan pembelajaran dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dimana RPP yang dibuat guru senantias mendapat pengontrolan yang ketat dari kepala sekolah. Dalam pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran telah dilaksanakan sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dimana dalam pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran aktif (active learning) yang leboh melibatkan siswa dalam pembelajaran seacar aktif. Demikian juga evaluasi pembelajaran, telah dilakukan secara menyeluruh, untuk mengukur dan menilai perkembangan kemampuan siswa, melalui pretes dan postes, serta dilaksanakan dalam bentuk lisan, tulisan dan praktek, sehingga kemampuan siswa senantiasa diupayakan ditingkatkan dengan penilaian yang sejalan dengan indicator yang telah dirumuskan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengembangan profesionalisme guru ini sangat diukung oleh adanya pembinaan dari beberapa badan dunia, baik pemerintah maupun non-pemerintah yang ada di Aceh, seperti DBE2 USAID, MBE, SEQIP, dan lain-lain. Disamping juga pertemuan rutin di Pusat Kegiatan Guru (PKG) serta pengontrolan dari kepala sekolah dan PBS (Pemandu Bidang Studi) Gugus.

Kata Kunci: pengembangan dan professional guru.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK