//

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN DERAJAT PRURITUS UREMIK PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK STADIUM 5 DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Idal Fitri Mareta - Personal Name
SubjectRENAL DISEASE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penyakit ginjal kronik (PGK) stadium 5 adalah kerusakan ginjal akibat destruksi struktur ginjal dan mengakibatkan terganggunya fungsi ginjal secara terus-menerus sehingga pasien mengalami penumpukan metabolisme dalam tubuh, salah satunya ureum. Kadar ureum tinggi dapat menyebabkan gatal pada kulit yang disebut pruritus uremik. Salah satu terapi yang paling sering dilakukan pasien PGK stadium 5 adalah hemodialisis (HD). Terapi HD diharapkan dapat mengekresikan ureum sehingga pruritus uremik yang dirasakan pasien dapat membaik, tetapi setelah menjalani HD gejala pruritus uremik tidak berkurang pada beberapa pasien karena pada saat HD hanya sebagian toksin uremik yang dapat dieksresikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama hemodialisis dengan derajat pruritus pada penderita penyakit ginjal kronik stadium 5 di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dan pendekatan Cross Sectional dengan teknik total sampling. Penilaian lama HD dilakukan dengan melihat data registrasi dan derajat pruritus uremik menggunakan kuisoner Pruritus Grading System. Dari 56 responden didapatkan derajat pruritus yang paling banyak adalah derajat ringan (66,1%), derajat sedang 28,6% dan derajat berat 5,3%. Lama dialisis yang dijalani antara 3 bulan - 11,6 tahun. Analisis statistik dengan uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat hubungan lama hemodialisis dengan derajat pruritus uremik pada penderita penyakit ginjal kronik stadium 5 di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh (p-value=0,392).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DERAJAT PRURITUS UREMIK DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS (FIDYA ANASTASIA, 2018)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN SKOR MINI-MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Nadhira Mazaya, 2016)

KORELASI FAKTOR-FAKTOR PREDISPOSISI PERBAIKAN FUNGSI GINJAL PADA PASIEN ACUTE KIDNEY INJURY PASCA OBSTRUKSI POSTRENAL (dr. Lea Darman Husein, 2018)

HUBUNGAN BILIRUBIN, MEAN PLATELET VOLUME DAN PLATELET DISTRIBUTION WIDTH TERHADAP TERJADINYA APPENDICITIS AKUT DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Nasrul Haidi, 2018)

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Maya Zahara, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy