Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
MANAJEMEN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PADA FORUM MGMP SMK DI KABUPATEN ACEH JAYA
Pengarang
Satria Pratama - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1409200050041
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
MANAJEMEN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN
PROFESIONAL GURU PADA FORUM MGMP SMK
DI KABUPATEN ACEH JAYA
Oleh: Satria Pratama
NIM: 1409200050041
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Manajemen MGMP PAI merupakan ukuran sejauh mana sasaran yang telah dicapai dalam perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian, dan pengawasan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui manajemen MGMP, meliputi: (1) Program manajemen MGMP; (2) Pelaksanaan program MGMP dan (3) Evaluasi program MGMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru, ketua MGMP dan pengawas PAI pada Forum MGMP SMK di Kabupaten Aceh Jaya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program MGMP disusun melalui Musyawarah Guru Bersama pada awal semester dengan ikut terlibat ketua MGMP, sekretaris, bendahara, pengurus dan anggota lain. Isi program MGMP terdiri dari: pembahasan silabus, penyusunan RPP, kesulitan guru dalam mengajar dan permasalahan lain dalam pembelajaran PAI; (2) Pelaksanaan MGMP rutin dilakukan setiap satu bulan sekali dengan jadwal yang telah terprogram, dengan membahas tentang teknik menyusun RPP, melatih guru dalam IT, dan pemecahan masalah guru dalam pembelajaran; dan (3) Evaluasi program MGMP dilakukan secara konsisten, sistematis, dan terprogram dengan menggunakan tes dan nontes melalui pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya, dan penilaian diri. Hambatan evaluasi program yakni tidak tersedianya post anggaran untuk melaksanakan kegiatan, anggaran yang tersedia berasal dari swadaya anggota.
Kata kunci: Manajemen, Profesional Guru, dan MGMP
Tidak Tersedia Deskripsi
PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKN PADA SMP DI KOTA BANDA ACEH (AYUNA SARI, 2021)
PERBANDINGAN LAMANYA PEMBERIAN ASI ANTARA GURU PELAJARAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU PELAJARAN UMUM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH (TRY AGUSTINI, 2017)
MANAJEMEN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SLTA ACEH JAYA (MAHATHIR SULAIMAN, 2019)
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA M.T.S.N SAKTI KABUPATEN PIDIE (Syarifuddin , 2014)
PENGARUH PARTISIPASI MENGIKUTI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP KOMPETENSI GURU EKONOMI PADA SMA DI KABUPATEN BIREUEN (NYAK MUHAMMAD RENALDI, 2020)