//

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KEKAMBUHAN ASMA BRONKIAL PADA ANAK DI SDIT AL-AZHAR BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASY SYIFA FAUZIA - Personal Name
SubjectBRONCHIAL ASTMA-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Asma merupakan penyakit inflamasi kronik jalan napas yang ditandai dengan gejala batuk kronik, mengi, napas yang pendek, sesak pada dada dengan tingkat keparahan yang berbeda pada setiap individu. Kekambuhan asma adalah suatu episode munculnya serangan asma. Kekambuhan asma juga dapat dijadikan sebagai indikasi asma yang tidak terkontrol. Kecemasan dapat menjadi salah satu faktor risiko dari kekambuhan asma akibat aktivasi sekresi kortikoid dan katekolamin yang diyakini memainkan peran dalam inflamasi saluran napas. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor kecemasan terhadap risiko kekambuhan asma dapat dinilai dari kategori kecemasan yaitu: cemas dan tidak cemas. Semakin cemas seseorang semakin tinggi kemungkinan mengalami kekambuhan asma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kecemasan dengan kekambuhan asma pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 34 responden diambil secara total sampling mulai dari Oktober hingga November 2016 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Azhar Banda Aceh. Dari 34 responden, didapatkan anak yang mengalami kecemasan sebanyak 5 responden (14,7%), 3 diantaranya (60%) mengalami asma yang tidak terkontrol dan 2 lainnya (40%) mengalami asma yang terkontrol. Sedangkan anak yang tidak mengalami kecemasan sebanyak 29 responden (85,3%), 27 diantaranya (93,1%) cenderung mengalami asma yang terkontrol dan 2 lainnya (6,9%) mengalami asma yang tidak terkontrol. Uji alternatif Chi Square – uji Fisher menunjukkan p value = 0,015 (p value

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA PENCEGAHAN KEKAMBUHAN ASMA BRONCHIAL DITINJAU DARI TEORI HEALTH BELIEF MODEL DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Anna Rufaida, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN DERAJAT ASMA BRONKIAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. ZAINOELABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Siddiq W, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN ASMA BRONKIAL DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Ety Suhira, 2015)

GAMBARAN PERKEMBANGAN RINITIS ALERGI MENJADI ASMA BRONKIAL DI POLIKLINIK THT-KL DAN POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nisa Fitriani Daud, 2018)

HUBUNGAN DERAJAT RINITIS ALERGI TERHADAP TINGKAT KONTROL ASMA BRONKIAL DI RSUDZA BANDA ACEH (M Rizkan Fauzi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy