//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMAN 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang sabanar - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
STAD TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Materi Pokok Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI SMAN 8 Banda Aceh”. Rumusan masalahnya adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi materi pokok pelestarian lingkungan hidup di kelas XI SMAN 8 Banda Aceh, bagaimana keterampilan guru dan aktivitas siswa serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa, serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus persentase. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI.IS.II SMAN 8 Banda Aceh sebanyak 23 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama ketuntasan individual mencapai 78%, ketuntasan secara klasikal mencapai 70% dan pada siklus kedua ketuntasan idividual 95%, ketuntasan secara klasikal 90%. Keterampilan guru pada siklus pertama kategori baik dan pada siklus kedua kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus pertama kategori sedang dan pada siklus kedua kategori baik. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat baik sebagian besar siswa menjawab senang dan dapat memahami materi yang diajarkan dengan pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Hal ini membuktikan bahwa model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN 62 BANDA ACEH (, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM JPS GEOGRAFI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Aidha Auliani, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Zakiah Rahmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy