PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

Jul Siga Putra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200160044

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Jul Siga Putra (2017) Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMA N 8 Banda Aceh.



Rendahnya prestasi dan motivasi belajar siswa dalam belajar matematika menunjukkan perlunya upaya guru untuk melakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (Pretest-Posttes Control Group Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh. Sedangkan sampel penelitianya itu siswa pada kelas XI 1.3 (eksperimen) dan kelas XI 1.4 (kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen yaitu tes prestasi belajar dan angket motivasi siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata nilai N-gain antara kedua kelas, yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) peningkatan prestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan 2) peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa, sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat diperluas pada pembelajaran topik matematika lainnya.


Kata kunci: Prestasi belajar, Motivasi, Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK