PENGARUH POSTER TERHADAP POLA KONSUMSI STREET FOOT TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH POSTER TERHADAP POLA KONSUMSI STREET FOOT TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI BANDA ACEH


Pengarang

Zahara Juwita Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101010094

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Data menunjukkan tingginya tingkat konsumsi street food dikalangan anak usia sekolah dasar dan terbatasnya media sebagai usaha promosi kesehatan di sekolah. Oleh sebab itu, diperlukannya promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah sehingga dapat mengubah perilaku konsumsi street food, salah satu promosi kesehatan dapat menggunakan poster. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh poster terhadap pola konsumsi street food pada anak usia sekolah dasar di Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimental dengan menggunakan kontrol grup pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel secara Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 76 murid. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2016. Sampel yang menjadi kelompok perlakuan diberi intervensi berupa poster 7 Langkah Jajan Sehat selama tujuh hari. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Penelitian ini menunjukkan sebelum kelompok perlakuan diberi intervensi mereka sering mengonsumsi street food sebanyak 53%, setelah diberi intervensi berkurang menjadi 38,2%. 58,8% dari seluruh kelompok perlakuan yang diberi poster mengaku poster tersebut sangat menarik. Berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan p value = 0.032 lebih kecil dari p value = 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara poster terhadap pola konsumsi street food pada anak usia sekolah dasar.
Kata Kunci: poster, pola konsumsi street food, anak usia sekolah dasar

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK