//

INSIDENSI INFEKSI SALURAN KEMIH PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI POLI KEBIDANAN DAN KANDUNGAN RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ade Irmaiyanti - Personal Name
SubjectURINARY DISEASES - MEDICINE
INFECTION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kehamilan melibatkan berbagai perubahan fisiologi, salah satunya adalah sistem saluran kemih. Perubahan fisik yang terjadi pada kehamilan juga mendorong terjadinya Infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih dalam hal ini bakteriuri asimtomatis pada wanita hamil meningkatkan risiko terjadinya sistitis, pielonefritis, ketuban pecah dini dan persalinan preterm. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui angka insidensi Infeksi Saluran Kemih pada ibu hamil trimester III dengan melakukan pemeriksaan kultur urine. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional yang telah dilakukan pada bulan Oktober- November tahun 2016. Sampel pada penelitian ini adalah ibu hamil trimester III yang diambil urin porsi tengah dengan jumlah sampel sebanyak 32 ibu hamil. Kultur urin dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Klinik Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, dimana identifikasi bakteri dilakukan dengan alat Vitex-2. Hasil kultur urin dari 32 ibu hamil diperoleh 9 ibu hamil (28.1%) tumbuh bakteri dan 23 ibu hamil (71,9%) tidak tumbuh bakteri. Kesimpulan penelitian ini adanya insidensi ISK asimtomatik pada ibu hamil trimester III di Poli Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh diperoleh 28,1%. Bakteri terbanyak sebagai penyebab ISK asimtomatik adalah E. coli. Kata kunci: Kehamilan, trimester III, ISK asimtomatik, kultur urin

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA KATETERISASI URETRA TERHADAP INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PASIEN PASCA OPERASI ORTHOPEDI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN (Randika Gundra Pratama, 2017)

HUBUNGAN DIET TINGGI LEMAK DENGAN KEJADIAN BATU SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (thia novita, 2015)

POLA DAN SENSITIVITAS KUMAN PENYEBAB INFEKSI SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2013 (Azzie Niazie, 2015)

HUBUNGAN USIA KEHAMILAN DENGAN PERDARAHAN GINGIVA PADA IBU HAMIL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) MEURAXA KOTA BANDA ACEH (MIFTA HURRAHMI, 2017)

RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA PADA PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dr. Muhammad Haris Yulius, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy