//

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR JIGSAW PADA MATERI JAHIT DAN SULAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN (Penelitian Tindakan Kelas pada SMP Negeri 1 Bireuen)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kamaliah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING ACHIEVEMENT
PAIR JIGSAW TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model pair jigsaw, prestasi belajar, jahit dan sulam. Penelitian yang berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Pair Jigsaw Pada Materi Jahit dan Sulam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Keterampilan” (Penelitian Tindakan Kelas pada SMP Negeri 1 Bireuen). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan keterampilan siswa, meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri atas dua siklus, siklus I dan Siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Bireuen sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kemampuan guru siklus I pada aspek kemampuan guru dalam mengelola waktu menggunakan model pembelajaran pair jigsaw pada materi jahit dan sulam dengan nilai rata-rata ketuntasan 60% kategori rendah. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 85% kategori sangat tinggi. Hasil penelitian nilai observasi siswa pada siklus I kelompok A dan B masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata 65% dimana 13 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas 35%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata ketuntasan 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa telah tuntas dalam belajar artinya penggunaan model pembelajaran pair jigsaw pada materi jahit dan sulam dapat meningkatkan prestasi belajar keterampilan siswa. Disarankan kepada para guru untuk dapat menerapkan model pair jigsaw dalam proses pembelajaran keterampilan pada materi yang dianggap sesuai karena model pembelajaran pair jigsaw pada materi jahit dan sulam dapat meningkatkan keterampilan siswa. Kepada para peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang lain yang dapat membangkitkan keterampilan siswa untuk pembelajaran keterampilan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR JIGSAW PADA MATERI JAHIT DAN SULAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMP NEGERI 1 BIREUEN) (Kamaliah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA BANDA ACEH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011-2012 (Syahrul Ridha, 2021)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Rita Ardiyanti, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VLL.3 SMP NEGERI I LANGSA (YUSRAINI, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LANGKAHAN ACED UTARA (Badriah Rasyid, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy