HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH


Pengarang

MUHIBBUL HADI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101010141

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.84

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Gangguan tidur merupakan keluhan yang paling sering ditemukan pada pasien nyeri kepala primer. Peningkatan intensitas dan frekuensi nyeri kepala dapat mengakibatkan peningkatan gangguan tidur dan memburuknya kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas nyeri dengan kualitas tidur pada penderita nyeri kepala primer. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, di Poliklinik Saraf RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Setiap pasien dinilai intensitas nyeri berdasarkan Numeric Rating Scale, dan kualitas tidurnya berdasarkan Pittsburgh Sleep Quality Index. Terdapat 43 pasien nyeri kepala primer, dimana persentase penderita nyeri kepala primer lebih banyak pada wanita (74,4%) dibandingkan pria (25,6%). Nyeri kepala primer yang terbanyak adalah tension type headache (65,1%). Uji statistik menggunakan Spearman Rank Correlation Test menunjukkan hubungan yang bermakna antara intensitas nyeri dengan kualitas tidur pada penderita nyeri kepala primer (p= 0,008; r= 0,402). Kesimpulannya, peningkatan intensitas nyeri pada penderita nyeri kepala primer dapat mengakibatkan kualitas tidur yang semakin memburuk.

Kata Kunci: intensitas nyeri, kualitas tidur, nyeri kepala primer.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK