HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS 3-5 DI SD NEGERI 57 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS 3-5 DI SD NEGERI 57 BANDA ACEH


Pengarang

CUT NADIA RAYYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101010110

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tahun 2010, anak sekolah di Indonesia mengkonsumsi energi dibawah kebutuhan minimal sebesar 41,2%. Asupan gizi yang baik sangat berpengaruh dalam meningkatkan daya ingat dan prestasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan kebiasaan sarapan dan fungsi kognitif dengan prestasi belajar anak kelas 3-5 di SD Negeri 57 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Analitik Observasional dengan desain Cross Sectional. Penilaian kebiasaan sarapan menggunakan kuisioner, fungsi kognitif dengan Mini Mental State Examination (MMSE) dimodifikasi, dan prestasi belajar dengan nilai rapor pelajaran bahasa Indonesia dan matematika. Dari 49 murid yang berprestasi belajar baik, 67,7% memiliki kebiasaan sarapan baik dan 50% memiliki kebiasaan sarapan kurang baik, serta 64,9% memiliki fungsi kognitif baik dan 50% memiliki fungsi kognitif kurang baik. Hasil uji korelasi Spearmen Rank pada confident interval 95% dan ? 0,05 diperoleh p value 0,760 dengan r=-0,045 menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar dan juga diperoleh p value 0,001 dengan r=0,475 menunjukkan terdapat hubungan moderat antara fungsi kognitif dengan prestasi belajar murid kelas 3-5 di SD Negeri 57 Banda Aceh.

Kata Kunci: kebiasaan sarapan, fungsi kognitif, prestasi belajar


In 2010, children in Indonesia consume the energy below the minimum requirement of 41.2%. Good nutrition is highly influence in improving children’s memory and learning achievement. This study aims to determine the strength of the relationship between breakfast habit and cognitive function and the learning achievement of children in State Elementary School 57 grade 3-5 Banda Aceh. This study is observational analytic with the Cross Sectional design. The assessment of breakfast habit by using questionnaire, cognitive function by using Mini Mental State Examination (MMSE) modified, and the learning achievement by looking at the students’ score in Indonesian language and Math. From 49 students who have good learning achievement, there were 67.7% have good breakfast habit and 50% have poor breakfast habits then, 64,9% have good cognitive function and 50% have poor cognitive function. The result of Spearmen Rank correlation toward the confident interval 95% and ? 0.05 obtained p value 0.760 with r=0.045 showed that there was no correlation between breakfast habit and learning achievement and also gained p value 0.001 with r=0.475 showed that there was moderate correlation between cognitive function and learning achievement grade 3-5 at State Elementary School 57 Banda Aceh.

Key word: Breakfast habit, cognitive function, learning achievement.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK