//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang nurhafidhah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
PROBLEM BASED INSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction), Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Model pembelajaran berdasarkan masalah merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik yakni penyelidikan yang membutuhkan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata. Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 31 siswa. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu dengan design one-shot case study. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui tes dari materi yang telah dipelajari untuk mengukur kemampuan siswa, tes dilakukan dengan postes. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dan, dk = 30. Dari hasil tersebut diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 8,21 > 1,70, maka H_o ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi: “hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan”, dapat diterima.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MATERI MINYAK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 6 BANDA ACEH (Ovi Arista Lubis, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI SMAN 3 PUTRA BANGSA 3 PUTRA BANGSA (NITA SARI, 2020)

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SLTP NEGERI 10 BANDA ACEH (evi Dianti, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA MATERI VOLUME BALOK DAN KUBUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 1 PAGAR AIR (NILNA IKRAMANA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAHRN(PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA VOLUME BALOK DAN RNKUBUS DALAM SUBTEMA INDONESIAKU BANGSA YANG CINTA DAMAI DI KELAS V SDN 7 JULI RNKABUPATEN BIREUEN (KHALISA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy