MANAJEMEN SARANA PENDIDIKAN PADA SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB YTC KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

MANAJEMEN SARANA PENDIDIKAN PADA SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB YTC KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN


Pengarang

Mustafa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200050034

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.904 5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN SARANA PENDIDIKAN PADA SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB YTC KUTABLANG
KABUPATEN BIREUEN

Oleh : Mustafa
NIM : 1409200050034

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.


ABSTRAK

Manajemen sarana merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui manajemen sarana pendidikan pada sekolah anak berkebutuhan khusus di SDLB YTC Kutablang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru SDLB YTC Kutablang Kabupaten Bireuen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Proses perencanaan kebutuhan sarana pendidikan diawali dengan proses yang disusun dengan baik dan benar sesuai dengan kurikulum 2013; 2) Proses pengorganisasian pemamfaatan sarana pendidikan yang dilaksanakan telah menjalankan fungsi pengorganisasian secara maksimal sebagaimana yang telah dituangkan dalam perangkat pembelajaran yang telah disusun sebelumnya; 3) Proses perawatan sarana pendidikan yang dilaksanakan telah menjadikan siswa untuk dapat melakukan setiap materi yang akan diajarkan dengan sarana yang ada; 4) Proses pengawasan penggunaan sarana pendidikan yang dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran telah berjalan dengan baik, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran.

Kata Kunci: Manajemen dan Sarana Pendidikan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK