MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Heri Suwardi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200050028

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE


Oleh: Heri Suwardi
NIM: 1109200050028

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd.


ABSTRAK

Mutu pendidikan merupakan gambaran dari kinerja keseluruhan pelayanan dalam suatu lembaga pendidikan. Pelayanan yang optimal tentunya akan menghasilkan keluaran yang optimal pula dan mampu memenuhi kebutuhan yang diharapkan oleh komponen inti dari sistem pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang (1) manajemen kurikulum pada SMP Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie, (2) manajemen kesiswaan pada SMP Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie, (3) manajemen personalia pada SMP Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie, dan (4) manajemen sarana dan prasarana pada SMP Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie. Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: obeservasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru SMP Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen kurikulum telah dilaksanakan secara kondusif dengan adanya program kerja, terlaksananya program, dilakukan pengawasan, dan terlaksananya proses pembelajaran dengan optimal; (2) Manajemen kesiswaan telah dilaksanakan dengan baik, adanya peningkatan kedisiplin siswa, berjalannya kegiatan ekstrakurikuler, adanya pembinaan siswa, dan dilakukan evaluasi kegiatan-kegiatan kesiswaan yang telah dilaksanakan; (3) Manajemen personalia juga telah dilaksanakan walaupun tidak maksimal, realitas ini terlihat dari tidak rutinnya pengembangan profesional guru. Di samping itu, masih ada tenaga pegawai yang tidak profesional yaitu tingkat kualifikasi pendidikan yang diperoleh tidak sinkron dengan tugas yang diembannya; dan (4) Manajemen sarana dan prasarana juga telah dilaksanakan dengan maksimal, tingkat kelengkapan sarana dan prasarana yang sudah memadai dan dapat dimamfaatkan dengan efektif untuk peningkatan mutu pendidikan pada SMP Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie.

Kata Kunci: Manajemen Mutu dan Mutu Pendidikan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK