HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Pengarang

Jumratul Aini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103020008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Aini, Jumratul. 2016. Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Fajar Harapan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Baset Learning (PBL) Pada Materi Relasi dan Fungsi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syah Kuala. Pembimbing:
Dra. Suryawati, M.Pd., (2) Khairul Umam, M.Ed,Sc.
Kata kunci : Hasil Belajar, Prablem Based Learning (PBL)
Matematika perlu diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan untuk memperoleh suatu hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki sisiwa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis masalah dikenal dengan Problem Based Learning (PBL) adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa mengkolaborasikan pemecahan masalah autentik dengan pengalaman sehari-hari. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL (Problem Baset Learning) dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi Relasi dan fungsi di Kelas X SMA Negeri 10 Fajar Harapan Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melaui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIPA SMA Negeri 10 Fajar Harapan, sedangkan sampel diambil satu kelas yaitu kelas X-MIPA1 SMA Negeri 10 Fajar Harapan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar setelah melakukan pembelajaran yang diterapkan model Problem Based Learning (PBL), Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan ?=0,05 dan derajat kebebasan dk=27, di peroleh t tabel = 2,19 dan t hitung = 1,70. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Fajar Harapan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi relasi dan fungsi tahun ajaran 2016/2017 dapat mencapai ketuntasan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK