//

HUBUNGAN EMOSI POSITIF DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TARI MEUTIA ULBA - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS - MEDICINE
PERSONAL HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pasien diabetes mellitus sering memikirkan komplikasi yang mungkin saja terjadi pada dirinya yang dapat menurunkan hormon serotonin sehingga lambat laun akan terjadi stres pada pasien. Emosi positif sangat diperlukan sebagai manajemen stres pasien dan dalam proses pengontrolan kadar gula darah pada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan emosi positif dengan tingkat stres pada pasien diabetes mellitus di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan quota sampling dengan sampel berjumlah 47 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui skala stres dari DASS (Depression Anxiety Stress Scale) dan skala emosi positif. Data yang diperoleh dari responden kemudian dianalisa dengan uji korelasi Spearman, sehingga diperoleh nilai korelasi r = -0,631, p value = 0,000, artinya penelitian ini memiliki korelasi negatif, kuat, dan berhubungan signifikan. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan antara emosi positif dengan tingkat stres pada pasien diabetes mellitus di RSUDZA Banda Aceh. Semakin tinggi emosi positif, maka semakin rendah tingkat stres yang dialami pasien. Kata kunci : emosi positif, stres, diabetes mellitus

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN USIA DAN JENIS KELAMIN DENGAN KEJADIAN KATARAK PADA PENDERITA RNDIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT RNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (M. MAULIZAR AKBAR, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN TERAPI INSULIN PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLOKLINIK ENDROKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (SYAFRIL WIRJA, 2014)

HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH (M. Alfajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy