//

PENGARUH KONSUMSI KOPI TERHADAP POLA TIDUR PADA WANITA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NADIA ANISAH RIZAR - Personal Name
SubjectPH
SALIVA - HUMAN PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kopi adalah minuman yang berasal dari pengolahan biji tanaman kopi. Kopi mengandung suatu senyawa yaitu kafein, yang memiliki efek menginhibisi kantuk dan mempengaruhi proses tidur. Penelitian ini adalah sebuah studi pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi kopi terhadap pola tidur, yaitu terjadinya keterlambatan tidur, terbangun dalam tidur dan bangun tidur lebih cepat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan Post test only with group control. Subjek penelitian dibagi dalam 2 kelompok yaitu 1 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing 10 subjek. Kelompok perlakuan adalah kelompok yang diberi minum kopi hitam sebanyak 150 ml satu kali pada pukul 19.00. Kelompok kontrol sebagai pembanding. Parameter yang dinilai adalah keterlambatan tidur, frekuensi terbangun dalam tidur dan bangun tidur lebih cepat. Data dianalisis dengan menggunakan uji mann whitney dengan indeks kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan: keterlambatan tidur pada kelompok kontrol dan perlakuan (0,1 ± 0,2 jam vs 3,1 ± 1,7 jam; p=0,000), frekuensi terbangun dalam tidur pada kelompok kontrol dan perlakuan (0,1 ± 0,3 kali/malam vs 1,0 ± 1,2 kali/malam; p=0,044), bangun tidur lebih cepat pada kelompok kontrol dan perlakuan (0,2 ± 0,4 jam vs 0,3 ± 0,7 jam; p=0,914). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh konsumsi kopi terhadap keterlambatan tidur dan frekuensi terbangun dalam tidur, namun tidak ada pengaruh terhadap bangun tidur lebih cepat. Kata Kunci : Kopi, Kafein, Tidur, Pola tidur

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KONSUMSI KOPI TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012 (Putri Novian Zahra, 2016)

PENGARUH KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP VISKOSITAS SALIVA SECARA IN VITRO (Rosdiana Ginting, 2014)

PERBANDINGAN KECEPATAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH KONSUMSI KOPI JENIS ROBUSTA (COFFEA CANNEPHORA) (Cut Maidis Safrianda, 2017)

PENGARUH KONSUMSI KEJU DAN SUSU TERHADAP KAPASITAS BUFFER SALIVA PADA MURID USIA 10-12 TAHUN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 57 BANDA ACEH (HUSNUL KHATIMAH IMADUDDIN, 2017)

PENDAPATAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA PENGUSAHA WARUNG KOPI DI KOTA BANDA ACEH (Irwansyah Zein, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy