PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULETIN PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA DI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULETIN PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA DI BANDA ACEH


Pengarang

Rauzaturrahmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103040011

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Media, Buletin, hukum dasar kimia
Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Buletin pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA di Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buletin pada materi hukum-hukum dasar kimia, mengetahui tingkat kelayakan media buletin, tanggapan siswa dan guru terhadap media buletin. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development/R&D) dengan pendekatan kualitatif. jenis penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE yang dilakukan melalui 5 (lima) tahap, yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Pengumpulan data dilakukan di 3 (tiga) sekolah yaitu Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh yaitu MAN Model, MAN 3 dan SMA Negeri 3` ,dengan total 5 orang guru kimia. Masing-masing guru mengambil 5 siswa kelas XI sebagai sampel. Kelayakan media buletin dinilai oleh 2 orang validator yaitu dosen prodi pendidikan kimia dan 1 ahli buletin. Hasil validasi pengembangan media buletin diperoleh persentase rata-rata 93,8% oleh dosen prodi kimia dan 90% oleh ahli buletin dengan kriteri sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Persentase tanggapan siswa dan guru terhadap media buletin yang dikembangkan masing-masing sebesar 84,4% dan 97,78% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa media buletin yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran materi hukum-hukum dasar kimia.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK