//

HUBUNGAN KADAR ALBUMIN SERUM DENGAN KEKUATAN OTOT GENGGAMAN PADA PASIEN KANKER DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tharifa Nabila - Personal Name
SubjectCANSER - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Malnutrisi kanker menyebabkan peningkatan metabolisme energi dalam tubuh. Proses tersebut akan mengakibatkan penurunan konsentrasi protein dan massa sel tubuh. Penurunan sintesis protein yang berkelanjutan mempengaruhi fungsi sel otot dan penurunan massa sel otot rangka. Tes kekuatan otot genggaman tangan merupakan metode yang valid, sederhana dan reliabel untuk menggambarkan kekuatan otot secara keseluruhan. Disisi lain, albumin merupakan protein penting dalam tubuh dan banyak digunakan dalam penilaian status nutrisi karena sifatnya yang objektif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar albumin serum dengan kekuatan otot genggaman pada pasien kanker di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Subjek penelitian ini adalah pasien kanker rawat inap yang akan menjalani terapi di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kadar albumin serum dilihat dari hasil pemeriksaan laboratorium terakhir sebelum terapi. Kekuatan otot genggaman diukur dengan electronic handgrip dynamometer model EH101. Data selanjutnya dianalisis dengan program komputer menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian dari 35 sampel menunjukkan bahwa kelompok jenis kelamin perempuan, kelompok usia 40-49 tahun, penderita kanker ovarium, dan menjalani kemoterapi paling banyak ditemukan. Rerata kadar albumin serum didapatkan 3,55+0,66. Rerata kekuatan otot genggaman pada pasien laki-laki 21,28+8,79 dan pada pasien perempuan 18,67+7,16. Hasil uji korelasi Pearson didapatkan hubungan yang signifikan dengan arah korelasi positif (p=0,025 dan r=0,640 untuk laki-laki; p=0,000 dan r=0,688 untuk perempuan) antara kadar albumin serum dengan kekuatan otot genggaman. Kata Kunci: Albumin Serum, Kanker, Kekuatan Otot Genggaman, Malnutrisi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SERUM ALBUMIN PRE-KEMOTERAPI DENGAN KEJADIAN KEKAMBUHAN PASIEN KANKER OVARIUM EPITELIAL (Rizka Aditya, 2019)

HUBUNGAN KEKUATAN GENGGAMAN TANGAN DENGAN PROTEIN ENERGY WASTING PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS KRONIK (dr. Cut Henna Mariza, 2021)

EVALUASI EFEKTIVITAS TERAPI HUMAN SERUM ALBUMIN (HSA) PADA PASIEN PASCA BEDAH YANG DIRAWAT DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Arista Maulida, 2018)

HUBUNGAN ANEMIA DENGAN KEKUATAN OTOT GENGGAMAN TANGAN PADA PASIEN HEMODIALISIS KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (RANDY YEMIGOE, 2017)

EVALUASI PENGGUNAAN HUMAN SERUM ALBUMIN (HSA) DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (Farras Amany Husna, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy