//

EFEKTIVITAS MANAJEMEN KEUANGAN PADA SMA NEGERI 1 INDRA JAYA ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Nasir - Personal Name
SubjectFINANCIAL MANAGEMENT - SCHOOLS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

EFEKTIVITAS MANAJEMEN KEUANGAN PADA SMA NEGERI 1 INDRA JAYA ACEH JAYA Oleh: Muhmmad Nasir Nim: 1109200050050 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. ABSTRAK Keuangan dalam pendidikan suatu sekolah merupakan hal yang esensial. Oleh karena itu uang perlu dikelola denga efektif dan efisien agar membantu pencapaian tujuan pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskritif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara dan guru. Tujuan utama penelitian ini adalah: untuk mengetahui relevansi sistem perencanaan keuangan, mekanisme proses keuangan dan pertanggungjawaban keuangan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang penerapannya dilakukan dalam tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Relevansi sistem perencanaan keuangan sekolah disesuaikan dengan rencana sekolah secara keseluruhan, baik rencana jangka pendek maupun jangka menengah. Rencana jangka pendek berupa rencana 1 (satu) tahunan, sedangkan rencana jangka menengah untuk 4 (empat) tahunan; (2) Perencanaan keuangan yang dilakukan terfokus pada anggaran yang sudah ada yaitu anggaran dari BOS, dan RKAS disusun berdasarkan kekuatan sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan; (3) Mekanisme proses pembiayan dilakukan dengan cara menganalisis biaya per item atau per unit kegiatan, dengan cara mengatur mata anggaran-mata anggaran, yaitu klasifikasi anggaran untuk membiayai suatu kegiatan tertentu. Menganalisis Kebutuhan biaya per item aktivitas adalah dengan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) setiap aktivitas sehingga terlihat berapa biaya yang diperlukan dengan mencocokkan dengan aktivitas lain seimbang atau tidak seimbang sesuai skala prioritas dan mendesak dan (4) Pertanggungjawaban keuangan dilakukan oleh kepala sekolah yang dibantu oleh bendahara dalam pembuatan pelaporannya, yang akan dilapor ke pemerintah khususnya Dinas Pendidikan setempat. Kata Kunci: Efektivitas, Manajemen, dan Keuangan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA PRODUKSI TEH SERAI PADA BUMG DESA CEUNAMPRONG KECAMATAN INDRA JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (Taufiq Amru, 2020)

EFEKTIVITAS MANAJEMEN KEUANGAN PADA SMA NEGERI 1 INDRA JAYA ACEH JAYA (Muhammad Nasir, 2017)

PENGARUH KESEJAHTERAAN, SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ACEH (JONNY RAHMADI, 2019)

PENGARUH KOMPETENSI PERANGKAT DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (DARA FITRINANDA, 2019)

PENGARUH KETERIKATAN PEGAWAI DAN KEPERCAYAAN ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI DI LINGKUP SKPD PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE JAYA : PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIATING (STUDI KASUS PADA PEJABAT ESELON IV PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE JAYA) (IRFAN JAFRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy