//

KETERLIBATAN MASYARAKAT TERHADAPPELESTARIAN SABUK HIJAU (GREEN BELT) DI WILAYAH PESISIRKOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS DI KECAMATAN MEURAXA DAN KUTA RAJA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Firdaus - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tesis ini membahas tentang keterlibatan masyarakat terhadap pelestarian sabuk hijau (green belt) di wilayah pesisir Kota Banda Aceh (studi kasus di Kecamatan Meuraxa dan Kuta Raja). Penelitian ini mengkaji tentang jenis tanaman mangrove dan tanaman lainnya yang masuk sebagai kawasan penyangga atau green belt, luas green belt, persentase green belt dan tingkat keterlibatan masyarakat serta hubungannya dengan aktifitas ekonomi masyarakat di Kecamatan Meuraxa dan Kuta Raja, Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait dan studi kepustakaan. Hasil analisis data menunjukkan. Jenis tanaman yang ditanam di Kecamatan Meuraxa dan Kuta Raja Kota Banda Aceh sebagai sabuk hijau terdiri dari: Cemara (Casuarina, spp), bakau (Rhizophora, spp), Bruguiera spp, Ceriops spp, Avicennia spp (api-api), dan Nypa fructicans. Dengan total luas sabuk hijau 59,81 ha. Tingkat pengetahuan dan partisipasi masyarakat terhadap pelestarian sabuk hijau di Kecamatan Meuraxa dan Kuta Raja Kota Banda Aceh baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterlibatan masyarakat dalam pelestarian sabuk hijau (green belt) baik, disamping sebagai buffer zone atau kawasan penyangga juga sebagai penyumbang nilai estetika dan ekonomi bagi mas yarakat sekitar. Kata kunci : Sabuk hijau (green belt), Pengetahuan, Persepsi, Partisipasi, Pelestarian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETERLIBATAN MASYARAKAT TERHADAPPELESTARIAN SABUK HIJAU (GREEN BELT) DI WILAYAH PESISIRKOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS DI KECAMATAN MEURAXA DAN KUTA RAJA) (Firdaus, 2017)

KINERJA PANITIA PENGAWAS PEMILU PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 ( STUDI KASUS : PELANGGARAN ADMINISTRASI DAN MONEY POLITICS DI GAMPONG ALUE DEAH TEUNGOH, KECAMATAN MEURAXA DAN GAMPONG LAMPASEH KOTA, KECAMATAN KUTA RAJA, KOTA BANDA ACEH). (Yuni Rahayu, 2015)

ANALISIS KEBUTUHAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KOTA LHOKSEUMAWE (Dwi Silviana, 2019)

HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN STATUS KESEHATAN DAN STATUS GIZI BALITA DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH (Khuzaimah, 2016)

EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN PENANGANAN KASUS KDRT OLEH P2TP2AKOTA BANDA ACEH (STUDI DI KECAMATAN KUTA ALAM, KOTA BANDA ACEH) (M. Yusdar, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy