//

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI SMP NEGERI 2 JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurjani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
METHOD OF DEMONSTRATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Minat Belajar Siswa. Penelitian ini mengkaji tentang: Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 2 Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi oleh guru dalam proses pembelajaran, (2) Bagaimana dampak penerapan metode demonstrasi terhadap minat belajar siswa, dan (3) Apa kendala guru dalam menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi oleh guru dalam proses pembelajaran, (2) Untuk mengetahui dampak penerapan metode demonstrasi terhadap minat belajar siswa, (3) Untuk mengetahui kendala guru dalam menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen wawancara, dan setelah data terkumpul melalui wawancara langsung dengan informan, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode demonstrasi sangat efektif diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), (2) Penerapan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan (3) Guru mengalami kendala dalam menerapkan metode demonstrasi seperti terbatasnya waktu dan sumber belajar. Simpulan: (1) Penerapan metode demonstrasi oleh guru dalam proses pembelajaran sudah sangat efektif karena dapat memotivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, (2) Dampak penerapan metode demonstrasi terhadap minat belajar siswa adalah sangat positif, dimana siswa menjadi lebih semangat dalam belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan (3) Kendala guru dalam menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran adalah terbatasnya waktu dan sulitnya menemukan bahan-bahan pelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan. Saran: (1) Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat melengkapi fasilitas belajar yang lebih lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar agar dapat berjalan secara lebih efektif dan (2) Diharapkan kepada guru agar dapat lebih meningkatkan kualitas mengajar mereka, sehingga dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa dalam proses pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

MINAT DAN KENDALA SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 5 LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA (Radhiah, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ruasniati, 2013)

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mika Rona Adilla, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy