HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PRAKTIK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PRAKTIK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

AGUNG PRABOWO - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101010128

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit infeksi akibat virus dengue yang ditularkan dari orang ke orang melalui gigitan nyamuk Aedes. Saat ini Kota Banda Aceh tercatat sebagai salah satu daerah endemis DBD di Indonesia. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran DBD, namun diperlukan pengetahuan dan sikap aktif oleh masyarakat untuk melakukannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap praktik pencegahan DBD di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross-sectional dan telah dilakukan pada tanggal 1 Desember 2016 sampai 14 Desember 2016. Hasil analisis korelasi dengan menggunakan uji spearman menunjukkan tidak adanya hubungan antara pengetahuan masyarakat dengan praktik pencegahan DBD (p = 0,147) tetapi terdapat adanya hubungan antara sikap masyarakat dengan praktik pencegahan DBD (p = 0,001). Penelitian ini diharapkan menjadi informasi dan dasar untuk mengoptimalkan upaya pencegahan penyakit DBD dengan mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat di Kota Banda Aceh.

Kata Kunci: DBD, pengetahuan, sikap, praktik pencegahan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK