PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) DI RAYON 101 UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Suatu Penelitian di UPTD Tanah Jambo Aye – Aceh Utara) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) DI RAYON 101 UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Suatu Penelitian di UPTD Tanah Jambo Aye – Aceh Utara)


Pengarang

Masyithah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101130019

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Persepsi Guru, PLPG.
Judul penelitian ini adalah: Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) pada Rayon 101 Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Latar belakang masalah: Pendidikan yang bermutu sangat tergantung pada keberadaan guru yang bermutu, yakni guru yang profesional dan sejahtera serta bermartabat. Untuk mewujudkan guru yang bermutu, pemerintah telah dan akan melaksanakan program Sertifikasi Guru dilakukan melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Keberhasilan program sertifikasi ini sangat tergantung pada pemahaman guru itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap pelaksanaan Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif untuk menentukan variabel yang akan diteliti dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada UPTD Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara yang berjumlah 7 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen wawancara, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian: (1) Guru memandang positif terhadap pelaksanaan program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) karena dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya dan menjadi guru yang profesional sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkannya dan (2) Persepsi guru terhadap pelaksanaan program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal guru. Simpulan: (1) Persepsi guru terhadap pelaksanaan program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah sangat positif, dimana melalui program Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) ini guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya dan menjadi guru yang profesional sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkannya dan (2) Faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap pelaksanaan Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah peningkatan kualitas diri, profesionalisme, penerimaan insentif, dan peningkatan status sosial dalam masyarakat. Saran: (1) Diharapkan kepada pemerintah agar lebih dapat mengintensifkan pelaksanaan program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran dan (2) Diharapkan kepada guru-guru peserta program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) agar dapat lebih serius dalam mengikuti proses pendidikan dan pelatihan tersebut, sehingga apabila mereka telah lulus dapat melaksanakan proses pembelajaran menjadi lebih baik lagi dari masa sebelumnya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK