//

KAJIAN INOVASI PADA BUDIDAYA NILAM DI DESA KUALA BAKONG KECAMATAN SAMPOINET KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Miftakhul Rizki - Personal Name
SubjectPEST CONTROL - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kajian Inovasi Pada Budidaya Nilam Di Desa Kuala Bakong Kecamatan Sampoinet Kabupaten Aceh Jaya Oleh: T. Miftakhul Rizki/Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Abstrak Abstrak – Inovasi budidaya nilam adalah suatu ide, gagasan, atau tindakan yang dapat diterapkan pada budidaya nilam yang berdampak terhadap pendapatan. Budidaya setelah inovasi berdampak terhadap meningkatnya pendapatan dibandingkan dengan budidaya sebelum inovasi yang menyebabkan kerugian dan kerusakan ekosistem. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem usahatani nilam, mengetahui inovasi apa saja yang dapat diterapkan untuk meningkatkan budidaya nilam, dan dampak inovasi terhadap pendapatan petani pada budidaya nilam di Desa Kuala Bakong Kecamatan Sampoinet Kabupaten Aceh Jaya. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem budidaya nilam yang dilakukan petani dengan tahapan perpindahan lahan setiap periode tanam, bibit dipetik dari stek tanaman nilam sebelumnya ditanam, penyiangan gulma menggunakan pestisida, pemupukan dengan pupuk anorganik, pengendalian peyakit tidak intensif dan tradisional, dan pemanenan dilakukan sekali dalam satu periode tanam, inovasi yang dapat diberikan berupa inovasi penggunaan bibit unggul dan pembuatan kebun bibit, sistem tanam tetap, pupuk organik, pengendalian penyakit budog, dan inovasi panen sampai 8 kali, dan dampak inovasi terhadap pendapatan pada nilam basah Rp 168.465.652 dan nilam kering Rp 193.089.652 secara keseluruhan 50%. Kata Kunci : Inovasi, Budidaya, Pendapatan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PETANI NILAM TERHADAP PEMBANGUNAN KLASTER INOVASI NILAM DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (DESI ANDRIANI, 2019)

PENGARUH INTENSIFIKASI PERTANIAN TERHADAP KEUNTUNGAN USAHATANI PADI SAWAH PADA KELOMPOK TANI PEREMPUAN DI KECAMATAN PAYA BAKONG KABUPATEN ACEH UTARA (Fadhilah Mukminah, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI NILAM ANGGOTA DAN NON ANGGOTA KOPERASI INDUSTRI NILAM ACEH (KINA) DI KECAMATAN PANGA,KABUPATEN ACEH JAYA (DIAN RIYANTI, 2020)

ANALISIS RISIKO PRODUKSI NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH) DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (HUSNUL KHATIMAH, 2021)

RANTAI PASOK PADA INDUSTRI MINYAK NILAM MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (STUDI KASUS: KABUPATEN ACEH JAYA) (REZA AULIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy