//

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA AKHIR DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andara Gemasih - Personal Name
SubjectADOLESENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kemandirian menuntut suatu kesiapan individu, baik kesiapan secara fisik maupun emosional tanpa banyak menggantungkan diri pada orang lain. Untuk mencapai kemandirian, pola asuh orang tua dapat menjadi salah satu faktor untuk membantu perkembangan kemandirian bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian pada remaja akhir di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Multistage Cluster-Random Sampling yang berjumlah 329 siswa kelas XI dan XII SMA di Kota Banda Aceh. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Parental Authority Questionnaire (PAQ) yang disusun oleh Buri dan telah diadaptasi kedalam Bahasa Indonesia dan Adolescent Autonomy Questionnaire yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisa data Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi pola asuh demokratis ayah dengan kemandirian dengan sebesar r = 0,046 dengan (p > 0,05), koefisien korelasi pola asuh demokratis ibu sebesar r = 0,049 dengan (p > 0,05), koefisien korelasi pola asuh otoriter ayah sebesar r = -0,015 dengan (p > 0,05), koefisien korelasi pola asuh otoriter ibu sebesar r = -0,001 dengan nilai (p > 0,05), koefisien korelasi pola asuh permisif ayah sebesar r = 0,032 dengan (p > 0,05) dan koefisien korelasi pola asuh permisif ibu sebesar r = 0,035 dengan (p > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian pada remaja akhir di Kota Banda Aceh. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian, Remaja Akhir

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN REMAJA (cut Ernaliza, 2021)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONFORMITAS REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (NANDA SAHARA, 2014)

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SHYNESS PADA REMAJA AWAL DI KOTA BANDA ACEH (Qurrata Akyun, 2016)

POLA ASUH ORANGTUA DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 7 KOTA SABANG (RIZKY RAHAYU, 2020)

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SIBLING RELATIONSHIP PADA REMAJA AWAL DI KOTA BANDA ACEH (Mauliza Novradilla, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy