PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 4 UNGGUL MODEL TAKENGON | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 4 UNGGUL MODEL TAKENGON


Pengarang

Putri Rahmadani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103040067

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Model Teams Games Tournament, aktivitas, hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi koloid pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Unggul Model Takengon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas XI IPA5 yang berjumlah 20 orang, 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi aktivitas siswa, soal tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pertemuan pertama aktivitas siswa 69,17% dan terjadi peningkatan pada pertemuan kedua menjadi 88,33%. Penerapan model pembelajaran TGT pada materi koloid dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar siswa sebesar 90%. Dilihat dari respon siswa terhadap kepuasan penerapan model pembelajaran TGT diperoleh nilai sebesar 90,28% dengan kategori sangat baik.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK