//

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERTEMANAN DENGAN BULLYING VICTIMIZATION PADA REMAJA SMP DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Denisa Putri - Personal Name
SubjectQUALITY OF FRIENDSHIP
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Bullying victimization merupakan fenomena yang marak terjadi di kalangan remaja dan berdampak buruk terhadap perkembangan psikologis dan kesehatan fisik bagi remaja yang mengalaminya. Oleh karena itu, perlu adanya suatu faktor protektif yang dapat berkontribusi dalam mengurangi bullying yang terjadi, khususnya dari pihak korban. Salah satu faktor protektif yang potensial adalah melalui hubungan pertemanan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pertemanan dengan bullying victimization pada remaja SMP di Kota Banda Aceh. Sampel penelitian berjumlah 360 remaja SMP (185 laki-laki dan 175 perempuan). Total dari 360 remaja SMP dari 4 sekolah di kota Banda Aceh didapatkan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster sampling dan disproportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Friendship Qualities Scale dan The Revised Olweus Victim Questionnaire. Analisis data menggunakan teknik korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan siginifikan antara kualitas pertemanan dengan bullying victimization pada remaja SMP di Kota Banda Aceh (r= -0,3, p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA CYBERBULLYING VICTIMIZATION DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA (Fifyn Srimulya Ningrum, 2019)

HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN INTIMATE FRIENDSHIP PADA REMAJA (Fazilis Syakur, 2017)

KORELASI ANTARA KEPEDULIAN ORANG TUA DENGAN KUALITAS PERTEMANAN REMAJA (SUATU PENELITIAN DI SMP N 10 TAKENGON) (Ipak Rima Tuah Niate, 2017)

PERILAKU KOMUNIKASI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TANTAN DALAM MENJALIN RELASI PERTEMANAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (Riska Wahyuni, 2019)

HUBUNGAN ANTARA BULLYING DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI BANDA ACEH (FIRSTA FAIZAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy