EVALUASI PENILAIAN KONDISI JALAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN REKOMENDASI PENANGANAN PEMELIHARAAN JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN KM.77 (BATAS PIDIE) - BATAS KOTA SIGLI) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

EVALUASI PENILAIAN KONDISI JALAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN REKOMENDASI PENANGANAN PEMELIHARAAN JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN KM.77 (BATAS PIDIE) - BATAS KOTA SIGLI)


Pengarang

Evi Zulfan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200060095

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA (S1)., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

625.761

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

EVALUASI PENILAIAN KONDISI JALAN DAN HUBUNGANNYA
DENGAN REKOMENDASI PENANGANAN PEMELIHARAAN JALAN
(STUDI KASUS : RUAS JALAN KM.77 (BATAS PIDIE) - BATAS
KOTA SIGLI)
Oleh :
Evi Zulfan
NIM. 1309200060095
Komisi Pembimbing :
1. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc. Eng
2. Dr. Ir. Yuhanis Yunus, MT
ABSTRAK
Kegiatan pemeliharaan jalan merupakan salah satu bagian dari penyelenggaraan
jalan dan penyelenggara jalan wajib memperioritaskan pemeliharaan jalan untuk
mempertahankan tingkat pelayanan sesuai dengan standar pelayanan minimal
yang ditetapkan. Menentukan besar alokasi kebutuhan anggaran merupakan salah
satu kegiatan pemograman pemeliharaan jalan. Alokasi kebutuhan anggaran
diperoleh melalui kegiatan menentukan ruas/segmen ruas jalan yang masuk dalam
penanganan pekerjaan pemeliharaan jalan. Kegiatan penentuan jenis penanganan
pekerjaan pemeliharaan jalan dihasilkan dari kegiatan survei pemeliharaan jalan.
Ruas jalan Km.77 (Batas Pidie) - Batas Kota Sigli merupakan ruas jalan nasional
dengan panjang 29,34 Km. Penilaian ruas jalan nasional mengacu pada Panduan
Survei Kondisi Jalan, No. SMD-03/RC (hubungan International Roughness Index,
IRI - Surface Distress Index, SDI), yang hanya mampu mendukung penilaian
untuk jalur lalu lintas. Penelitian ini dilakukan untuk menilai kondisi jalan, alokasi
kebutuhan anggaran pemeliharaan dan analisis perbandingan (Indikator IRI - SDI
dan persentase luasan kerusakan) pada jalur lalu lintas. Metode yang digunakan
dalam penelitian, mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen
PU) Nomor :15/PRT/M/2007 dan Nomor : 13/PRT/M/2013, yang mampu
mendukung penilaian jalur lalu lintas, bahu jalan, dan bangunan pelengkap
(BPLK) dengan elemen : median, saluran samping, gorong-gorong, tembok
penahan tanah, pulau jalan dan trotoar. Penilaian kondisi jalan dilakukan melalui
survei kondisi rinci jalan dengan metode visual dilanjutkan dengan pengolahan
dan analisis data, yang menghasilkan kondisi jalan, jenis penanganan dan alokasi
kebutuhan anggaran yang dibutuhkan. Dari hasil penelitian diketahui nilai kondisi
berada diatas 60 % kondisi mantap dan kebutuhan anggaran pemeliharaan Rp.
113.645.850.000,00 untuk seluruh elemen jalan. Dari hasil analisis perbandingan
diketahui nilai deviasi sebesar 4,77 % untuk kemantapan jalan dan -Rp.
98.825.850.000,00 untuk kebutuhan anggaran pemeliharaan jalan.
Kata Kunci : Kondisi jalan, Jenis penanganan, Rencana pemeliharaan jalan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK