HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA ACEH BESAR


Pengarang

Atia Biladina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101010050

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

617.461 059

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Rendahnya kadar hemoglobin pada remaja merupakan masalah kesehatan yang dapat berdampak pada menurunnya kemampuan akademis di sekolah. Siswa yang kurang sehat akan mengalami kesulitan dalam belajar sehingga mempunyai prestasi belajar lebih rendah dibandingkan dengan anak normal. Bukti yang tersedia menunjukkan gangguan pada perkembangan psikomotor dan kemampuan intelektual serta perubahan perilaku setelah terjadi anemia defisiensi zat besi. Defisiensi zat besi rentan menyerang anak usia sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin terhadap prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional dan telah dilakukan pada bulan Oktober 2016 dengan jumlah responden 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Pengukuran kadar hemoglobin pada penelitian ini menggunakan alat hemoglobinometer digital yaitu easy touch merek GCHb dengan kadar Hb normal yaitu 12,0-15,2 g/dl, sedangkan prestasi belajar dapat diperoleh dari buku rapor kelas pada akhir semester. Data selanjutnya dianalisis dengan uji statistik Spearman Correlation. Hasil analisa data diperoleh nilai signifikansi 0,459 (p>0,05) dan rank correlation bernilai -0,094. Hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kadar hemoglobin dengan prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar.

Kata Kunci: kadar hemoglobin, prestasi belajar, siswa




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK