//

HUBUNGAN KONSUMSI IKAN ASIN TERHADAP KEJADIAN KARSINOMA NASOFARING DI RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LEILY ROSYIDAH - Personal Name
SubjectFISHES
FISHERIES - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Karsinoma nasofaring (KNF) merupakan suatu keganasan yang berada di daerah nasofaring yang cukup sering ditemukan di Indonesia dan menempati urutan pertama keganasan terbanyak dibidang Telinga, Hidung, dan Tenggorok (THT). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya KNF yaitu faktor genetik, faktor infeksi virus Epstein Barr, dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang sering menyebabkan KNF adalah konsumsi ikan asin yang berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan konsumsi ikan asin terhadap kejadian karsinoma nasofaring pada pasien yang berobat di RSUDZA. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan mulai September – November 2016 dengan data dari Januari – November 2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan sampel sebanyak 61 responden. Data selanjutnya dianalisa dengan uji statistik Chi Square. Hasil analisa data diperoleh nilai signifikansi 0,007 (P ≤ 0,05), menunjukkan bahwa secara statistik terdapat hubungan yang signifikan antara konsumsi ikan asin terhadap kejadian karsinoma nasofaring di RSUDZA Banda Aceh. Kata kunci: konsumsi ikan asin, karsinoma nasofaring

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL PENDERITA KARSINOMA NASOFARING PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE 2017-2019 (RIFA ADELISA, 2019)

ANALISIS TITER EPIDERMAL GROWTH FACTOR RECEPTOR PADA PENDERITA KANKER NASOFARING BERDASARKAN STADIUM DAN PROFIL HISTOPATOLOGIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fera Kamila Kamal, 2021)

GAMBARAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN ASI NON EKSKLUSIF TERHADAP TIMBULNYA GEJALA AWAL ALERGI (ALLERGIC MARCH) PADA BAYI ATOPI SAAT USIA 0-6 BULAN DI KOTA BANDA ACEH (Aldilla Pradistha, 2014)

IDENTIFIKASI PENCEMARAN FORMALIN PADA JALUR PRODUKSI DAN PEMASARAN IKAN TAMBAN ASIN (SARDINES) DI WILAYAH KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (Azhari, S.KH, 2014)

HUBUNGAN RIWAYAT KONSUMSI IKAN ASIN DENGAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN LHOK SEUDU DESA LAYEUN, LEUPUNG ACEH BESAR (Mandala Yodi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy