//

PENDUGAAN UKURAN POPULASI KOLONI DAN DAYA JELAJAH RAYAP COPTOTERMES CURVIGNATHUS HOLMGREN DI PERTANAMAN PALA DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fachrizal Yusmar - Personal Name
SubjectHORTICULTURE
NUTMEG - BOTANY
GRICULTURAL PRODUCT - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pendugaan Ukuran Populasi Koloni dan Daya Jelajah Rayap Coptotermes curvignathus Holmgren di Pertanaman Pala di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan Fachrizal Yusmar Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh – Indonesia Jln. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3 Kopelma Darussalam, Banda Aceh E-mail : izal_yusmar@yahoo.com, Kode Pos 23111 Abstrak. Pala merupakan salah satu komoditas rempah unggulan yang bernilai tinggi, sebagaimana Indonesia menjadi salah satu produsen terbesar di dunia (70 – 75 %). Saat ini dalam membudidayakan tanaman pala, petani mengalami kendala yang salah satunya disebabkan oleh serangan rayap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran populasi koloni dan daya jelajah rayap C. curvignathus pada tanaman pala (M. fragans) di kecamatan Meukek dengan menggunakan metode Triple Mark Recapture Technique. Hasil pengamatan menunjukan bahwa rayap yang teridentifikasi dari spesies Coptotermes curvignathus Holmgren. Total ukuran populasi koloni yang ditemukan sebesar 347719.06 individu dari 23 koloni yang tersebar dalam luas areal 7325 m². Rata-rata daya jelajah maksimum Rayap C. curvignathus sejauh 35 m yang diduga pengaruh dari beberapa faktor lingkungan terutama makanan (mengandung selulosa) yang tersedia sangat terbatas. Kata kunci : Populasi, daya jelajah, Pala, Coptotermes curvignathus, triple mark recapture technique.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EKSTRAK BIJI BENGKUANG (PACHYRRHIZUS EROSUS L.) TERHADAP MORTALITAS RAYAP (COPTOTERMES CURVIGNATHUS HOLMGREN) (Sylvia Andiliani, 2018)

TAKSONOMI RAYAP FAMILI KALOTERMITIDAE DAN RHINOTERMITIDAE DI KAWASAN PERUMAHAN PT. ARUN (Intan Keumala Sari, 2014)

INVENTARISASI DAN ANALISIS KERUGIAN EKONOMI AKIBAT SERANGAN RAYAP PADA BANGUNAN SEKOLAH DI KOTA BANDA ACEH (muslim, 2015)

PATOGENISITAS ISOLAT CENDAWAN ENTOMOPATOGEN ASPERGILLUS SPP. TERHADAP RAYAP COPTOTERMES CURVIGNATHUS (OVIANA LISA, 2019)

UJI EFEKTIVITAS CENDAWAN PATOGEN PENICILLIUM SP. DAN TRICHODERMA SP. TERHADAP MORTALITAS RAYAP COPTOTERMES CURVIGNATHUS (SIRTINA HANUM, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy