//

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KARBIT TERHADAP PARAMETER KUAT GESER TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG KECAMATAN MONTASIK DENGAN PENGUJIAN DIRECT SHEAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REZA KHAIDIR - Personal Name
SubjectSOILS - ENGINEERING GEOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Dalam pengertian teknik secara umum, tanah di definisikan sebagai suatu material yang terdiri dari agregat (butiran) mineral-mineral padat yang tidak terkontaminasi satu sama lain dan dari bahan-bahan organic yang telah menfosil di sertai oleh zat cair dan gas yang mengisi ruang-ruang kosong di antara partikel padat tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan limbah karbit (LK) yang digunakan sebagai bahan stabilisasi terhadap nilai parameter kuat geser tanah lempung. Salah satu usaha untuk meningkatkan kekuatan tanah dapat dilakukan dengan menstabilisasi tanah dengan campuran LK. LK adalah pembuangan sisa-sisa dari proses penyambungan logam dengan logam yang menggunakan gas karbit sebagai bahan bakar. LK ini berasal dari bengkel las di Desa Lamteh Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh.. tanah yang digunakan berasal dari Desa Cot Seunong Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Tanah tersebut menurut klasifikasi AASHTO tergolong jenis tanah berlempung dengan simbol kelompok A-7-5 (47). Menurut USCS termasuk golongan tanah berlempung dengan simbol CH dengan indeks plastisitasnya sebesar 42,82%. Penambahan limbah karbit dilakukan dengan variasi 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% dari berat kering tanah. Pengujian kuat geser dilakukan dengan menggunakan alat uji Direct Shear. Benda uji dibuat sebanyak 10 buah sampel dan benda uji ini dibuat pada kondisi kadar air optimum (OMC) dari pengujian Pemadatan. Berdasarkan hasil pengujian kuat geser nilai sudut geser ( tertinggi diperoleh dari campuran LK 20% yaitu 12° dan nilai kohesi (c) tertinggi diperoleh dari campuran LK 20% yaitu 0,37kg/cm². Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai sudut geser maka nilai kohesi juga akan semakin tinggi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KARBIT TERHADAP PARAMETER KUAT GESER TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG KECAMATAN MONTASIK DENGAN PENGUJIAN DIRECT SHEAR (REZA KHAIDIR, 2017)

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KARBIT TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG KECAMATAN MONTASIK DENGAN PERCOBAAN CBR TIDAK TERENDAM (UNSOAKED) (fadhil rahmat, 2016)

STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN ABU CANGKANG KEMIRI TERHADAP PARAMETER KUAT GESER MENGGUNAKAN ALAT DIRECT SHEAR (SAHEH BUKHARI, 2019)

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE DENGAN GARAM KOTOR TERHADAP PARAMETER KUAT GESER DENGAN ALAT UJI DIRECT SHEAR (Muhammad Furkan Ahyati, 2020)

ANALISIS PENAMBAHAN LIMBAH KARBIT TERHADAP KEPADATAN TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG KECAMATAN MONTASIK (Muazzir, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy