//

HUBUNGAN JARAK SUMUR GALI DENGAN SEPTIC TANK TERHADAP KUALITAS AIR BERSIH SECARA MIKROBIOLOGI DI KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Amalia - Personal Name
SubjectMICROBIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penyediaan air bersih yang aman dan berkualitas menjadi masalah yang perlu diperhatikan di seluruh dunia. Air merupakan salah satu sarana dan media yang baik untuk penyebaran berbagai macam penyakit. Di Indonesia umumnya sumber air bersih berasal sumur gali dan salah satu sumber pencemarnya ialah septic tank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan jarak sumur gali dengan septic tank terhadap kualitas air bersih secara mikrobiologi di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini bersifat analitik laboratorik menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 30. Metode pemeriksaan menggunakan membran filter. Data disajikan dalam bentuk tabel univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian jumlah bakteri koliform didapatkan sangat bervariasi mulai dari tertinggi yaitu 313/100ml air yang ditemukan pada sampel nomor 12 sedangkan yang terendah 86 CFU/100ml air pada sampel nomor 30, begitu pula jarak yang didapatkan juga cukup bervariasi yang terjauh berjarak 25,3 meter dan yang terdekat adalah 4,7 meter. Hasil analisis statistik dengan menggunakan Korelasi Pearson didapatkan bahwa nilai p lebih kecil dari α (p=0,00) artinya terdapat korelasi yang bermakna antara jarak sumur gali dengan jumlah bakteri koliform (r = −0,735) dengan arah korelasi negatif. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara jarak sumur gali dengan septic tank terhadap kualitas air bersih secara mikrobiologi di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Kata kunci: sumur gali, septic tank, mikrobiologi, kualitas air

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN RENCANA INDUK SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (RISPAM) REGIONAL KABUPATEN ACEH UTARA DAN KOTA LHOKSEUMAWE (efendi, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PEMILIK BOAT SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI DI DESA MEUNASAH DRANG KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA (Satria, 2021)

ANALISA KUALITAS AIR PADA SUMUR DANGKAL (SUMUR GALI) BERDASARKAN TINGKAT KEKERUHAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR BERBASIS SIG (Dede Putra Najamuddin, 2016)

HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MUARA BATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (MUSLICH, 2014)

EVALUASI JAM KERJA EFEKTIF DAN KESERASIAN KERJA ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 800 SE DENGAN ALAT ANGKUT SCANIA P 420 PADA PENAMBANGAN BATU BARA PIT 1 TIMUR BANKO BARAT PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK (MUHAMMAD FADHIL, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy