//

MANAJEMEN KUALITAS IKAN BEKU (FROZEN FISH) MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY RISK MANAGEMENT DAN NEW QUALITY CONTROL TOOLS (STUDI KASUS: PT. ACEH LAMPULO JAYA BAHARI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ega Prijusti Siagian - Personal Name
SubjectFISHES - FOOD - COMMERCIAL PROCESSING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Aceh harus memiliki keunggulan dalam menghasilkan ikan laut sebagai salah satu keunggulan wilayah laut Aceh. Salah satu olahan hasil laut yang paling banyak dilakukan adalah dengan membuat ikan dalam bentuk beku (frozen fish) yang memungkingkan mengkonsumsi ikan segar dalam waktu lama tanpa mengurangi kesegaran dari ikan. PT. Aceh Lampulo Jaya Bahari (ALJB) adalah salah satu perusahaan penghasil ikan beku terbesar di Banda Aceh yang harus mampu menghasilkan produk dengan kualitas unggul dan sesuai standar yang berlaku sebagai bentuk tuntutan dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati dan menilai segala bentuk jenis risiko kualitas yang muncul pada proses produksi produk ikan beku. Menggunakan pendekatan quality risk management (QRM) dan didapatkan dari 86 tahapan proses produksi 27 atau sebanyak 31% masih belum sesuai dan berpotensi menimbulkan kerusakan kualitas. Hasil analisis QRM mengungkapkan bahwa kerusakan ikan terjadi pada tahapan penangkapan sampai saat sebelum mulai masuk ketahapan proses produksi. Tahapan selanjutnya menggunakan metode new quality control tools (new qc tools) untuk menghasilkan strategi pengurangan kerusakan risiko kualitas. Dari analisis menggunakan new quality control tools didapatkan strategi pengurangan risiko yang dihasilkan adalah dengan melakukan penguatan kualitas dalam hal sumber daya manusia, komitmen manajemen terhadap kualitas, peremajaan dan pembaruan peralatan penangkapan dan transportasi ikan, serta penguatan dan impelementasi standar prosedur yang baik bagi seluruh stakeholder dalam rantai proses produksi ikan beku

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN RISIKO RANTAI DINGIN IKAN TUNA BEKU DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZY (STUDI KASUS: KLASTER INDUSTRI LAMPULO) (MUKMINATUL AFIFAH, 2019)

VALIDASI DAERAH POTENSIAL PENANGKAPAN IKAN PELAGIS KECIL MENGGUNAKAN PURSE SEINE DENGAN CITRA SATELIT DI PERAIRAN PIDIE JAYA (Afdhal Fuadi, 2016)

PROSESS PENGOLAHAN IKAN KAYU (KEUMAMAH) DENGAN MENGGUNAKAN BEBERAPA METODE PENGERINGAN (Ibnu Hajar, 2015)

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI EKSPOR IKAN TUNA (STUDI KASUS PT ACEH LAMPULO JAYA BAHARI) (Mira Chazinatuddini, 2018)

ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK IKAN CAKALANG PADA PT ACEH LAMPULO JAYA BAHARI (Naziratil Husna, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy