//

KAJIAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS PLIEK U

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faisal Basyir - Personal Name
SubjectFERMENTATION - FOOD TECHNOLOGY
BIOCHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pliek U merupakan produk akhir dari fermentasi setelah pemisahan minyak selama beberapa hari fermentasi. Minyak hasil fermentasi disebut dengan minyak simplah sedangkan hasil lain dari olahan Pliek U disebut minyak Pliek U. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengkaji lama fermentasi kelapa kukur terhadap kualitas Pliek U. Tahapan penelitian ini dimulai dari tahap persiapan, fermentasi, pengeringan dan pengepresan. Kelapa difermentasi dengan ketebalan 30 cm selama 4 hari, 7 hari dan 10 hari. Pengeringan dilakukan dengan menggunakan alat pengering tipe Hohenheim sedangkan pengepresan dilakukan dengan menggunakan alat pengepres tipe hidrolik. Selama fermentasi berlangsung, diukur temperatur lingkungan dan kelapa fermentasi, kadar air dan derajat keasaman. Parameter kualitas Pliek U meliputi rendemen, kadar air, derajat keasaman dan uji organoleptik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non Faktorial. Parameter penelitian diamati dengan statistik deskriptif dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar air kelapa selama fermentasi mengalami peningkatan. Kadar air kelapa selama fermentasi dengan perlakuan fermentasi 4 hari, 7 hari dan 10 hari masing-masing adalah 50,413 %, 56,416 % dan 57,940 %. Derajat keasaman kelapa selama fermentasi mengalami penurunan, menunjukkan bahwa terjadi penigkatan rasa asam. Derajat keasama kelapa dengan taraf fermentasi 4 hari, 7 hari dan 10 hari masing-masing adalah 4,953, 5,353 dan 4,417. Nilai rendemen Pliek U tertinggi terdapat pada perlakuan fermentasi 4 hari yaitu 42,314 %. Rendemen total yang diperoleh tidak menunjukkan perbedaan yang jauh dimana rendemen total dengan taraf fermentasi 4 hari, 7 hari dan 10 hari masing-masing adalah 42,819 %, 43,356 % dan 43,329 %. Kadar air Pliek U terendah terdapat pada perlakuan fermentasi 4 hari yaitu 0,446 %, sedangkan Pliek U dengan taraf fermentasi 7 hari dan 10 hari meghasilkan memiliki kadar air masing-masing adalah 1,265 % dan 2,550 %. Derajat keasaman Pliek U dengan dengan taraf fermentasi 4 hari, 7 hari dan 10 hari masing-masing adalah 5,247, 4,727 dan 4,510. Berdasarkan uji organoleptik menunjukkan bahwa Pliek U yang paling disukai oleh panelis adalah Pliek U dengan taraf fermentasi 7 hari dengan nilai hedonik tes terhadap warna, aroma dan rasa adalah 2 (suka). Hasil analisis sidik ragam (ANOVA) menunjukkan bahwa variasi lama fermentasi berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK SIFAT FISIK DAN KIMIA PADA PLIEK U, MINYAK PLIEK U DAN MINYAK SIMPLAH BERDASARKAN VARIASI KETEBALAN TUMPUKAN DAN LAMA FERMENTASI (Ajeng Permata Sari, 2021)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR PADA PROSES PEMBUATAN PLIEK U (Rivan Rinaldi, 2016)

KAJIAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS PLIEK U (Faisal Basyir, 2017)

PENGARUH KETEBALAN TUMPUKAN KELAPA KUKUR DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS PLIEK U (FITRIA RAHMA, 2020)

OPTIMASI PROSES PEMBUATAN MINYAK SIMPLAH, MINYAK PLIEK U DAN PLIEK U DENGAN VARIASI JENIS STARTER CULTURE DAN LAMA FERMENTASI (DAHAN KURNIA ALFIATI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy