FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA SMK NEGERI 1 BANDA ACEH MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA SMK NEGERI 1 BANDA ACEH MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI


Pengarang

Rita Zahara - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101030091

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi
Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi” mengangkat masalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan faktor manakah yang dominan mempengaruhi siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan mendeskripsikan faktor dominan yang mempengaruhi siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 140 siswa. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 25%, yaitu 35 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan proportional random sampling (undian). Metode yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angke, wawancara dan dokumentasi dan pengolahan data menggunakan rumus statistik sederhana yaitu P=F/NX100%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah faktor kesehatan jasmani 83%, inteligensi 86%, minat atau keinginan 94%, motivasi 78,5%, dukungan orang tua 77%, lingkungan tempat tinggal siswa 48%, teman sebaya 37% dan guru 71%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini bahwa faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi rencana siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Adapun faktor yang paling dominan mempengaruhi siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah faktor minat atau keinginan sebesar 94%.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK