PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

Nasir. S - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106102100015

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

808.831

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Hasil Pembelajaran, Menulis Cerpen.

Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas VIII SMP Negeri 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan dan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik kualitatif, dengan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen di kelas VIII-3 SMPN 1 Kluet Tengah dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), dalam pelaksanaannya siswa kleas VIII-3 dituntut berfikir, berpasangan, dan berbagi tentang bagaimana cara menulis cerpen dengan baik dan benar. Hasil pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan, sebanyak 80,77% siswa dinyatakan telah tuntas hasil belajarnya dengan nilai rata-rata sebanyak 67,11.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK