//

MINAT PEMAKAIAN BATIK ACEH SEBAGAI BUSANA KERJA DI MTSN TUNGKOB ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muna Fita Sari - Personal Name
SubjectFASHION - DESIGN
BATIK
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muna Fita Sari 2016. Minat Pemakaian Batik Aceh Sebagai Busana Kerja di MTsN Tungkob Aceh Besar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Kelurga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Fikriah Noer, M. Pd. (2) Dra. Rosmala Dewi, M. Pd Kata Kunci : Minat, Pemakaian, Batik Aceh Penelitian ini berjudul “Minat Pemakaian Batik Aceh Sebagai Busana Kerja di MTsN Tungkob Aceh Besar” masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana minat para dewan guru MTsN Tungkob terhadap penggunaan batik dengan motif tradisional Aceh sebagai busana kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dewan guru dalam pemakaian batik Aceh sebagai busana kerja dan ketertarikan guru terhadap batik dengan motif tradisional Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah dewan guru di MTsN Tungkob Aceh Besar yang berjumlah 42 orang. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengukuran Skala Likert. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan penyebaran angket. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik statistik sederhana dengan metode distribusi frekuensi yaitu perhitungan persentase dari semua alternatif jawaban. Berdasarkan hasil penelitian, ketertarikan dewan guru terhadap batik dengan motif tradisional Aceh sangat baik, meskipun hasil analisis data menunjukkan bahwa minat dewan guru terhadap pemakaian batik Aceh sebagai busana kerja berada dalam katagori rendah dengan frekuensi (68,2)%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari hasil penskoran nilai jawaban maka minat pemakaian batik Aceh sebagai busana kerja di sekolah MTsN Tungkob Aceh Besar berada dalam katagori rendah, dan pengetahuan mereka tentang batik tradisional Aceh termasuk dalam katagori baik. Disarankan sebaiknya motif tradisional Aceh dapat juga dilestarikan melalui busana kerja sehingga semakin banyaknya peminat terhadap batik Aceh, maka semakin banyak pula peluang-peluang usaha bagi pengerajin batik di Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINAT PEMAKAIAN BATIK MOTIF ACEH DI KALANGAN SANTRI PESANTREN MODERN AL FALAH ABU LAM U KABUPATEN ACEH BESAR (UTARI RAHMI, 2016)

MOTIVASI USAHA HI BATIK DALAM MELESTARIKAN MOTIF BATIK ACEH (AMALIA SABRINA, 2019)

PROSES PEMBUATAN KERAJINAN BATIK ACEH DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESAR (Fitriani, 2016)

PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI MTSN TUNGKOB TAHUN AJARAN 2014/2015 (muharrir rijal, 2015)

PERKEMBANGAN SENI BATIK IKAT CELUP DI SMK NEGERI 1 SAMATIGA ACEH BARAT (Pocut Setia Riska, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy