DESAIN TURBN VORTEX PADA PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) SISTEM PUSARAN AIR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DESAIN TURBN VORTEX PADA PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) SISTEM PUSARAN AIR


Pengarang

Dhiya Ulhaq Markus - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1204105010026

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

621.312 1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kebutuhan energi di Indonesia saat ini masih sangat bergantung dengan energi yang berbasis bahan bakar fosil, seperti minyak bumi dan batu bara. Oleh karena itu sering terjadinya krisis energi khususnya energi untuk pemasokan listrik. Selain itu penggunaan listrik di Indonesia juga belum merata. Banyak di daerah yang terisolisir belum mendapatkan pasokan listrik. Untuk itu dibutuhkan suatu pembagkit listrik mandiri berskala mikro yang dapat memenuhi kebutuhan listrik lokal. Turbin vortex berskala mikro dioperasikan pada wilayah dengan karakteristik geografis dataran rendah. Turbin vortex berputar secara horizontal dengan sumbu vertikal dan memanfaatkan tenaga pusaran air. Pembuatan PLTMH dengan turbin vortex dapat dilakukan pada Head sekitar 0,75 sampai dengan 2 meter. Berdasarkan proses perancangan secara analitis dihasilkan suatu turbin vortex berkapasitas 3.8 kW dengan diameter 0.28 meter, diameter chamber 0.4 meter dengan jumlah sudu jalan 4, dan efisiensi total 63 %.
Kata Kunci: Energi, Turbin air, Turbin vortex, Daerah Tepencil

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK